Event HUT RI in Sydney – pesta kampoeng

Sydney university 2Pesta Kampung adalah ajang pertemuan semua warga negara Indonesia yang berada di Sydney Australia. Kami yakin di semua negara – negara didunia menyelenggarakan acara serupa, dalam rangka mengobati rasa kerinduan akan kampuang halaman. Begitulah setiap tahun mahasiswa Indonesia di University of Sydney menyelenggarakan acara pesta kampong ini sekaligus turut merayakan National Celebration. Penyelenggaraan upacara penaikan dilakukan sepenuhnya oleh para remaja Indonesia, baik yang masih duduk di bangku hight school maupun yang sudah duduk di perguruan tinggi.

upacara

Ketika  itu upacara bendera dipimpin oleh pembina upacara Konsul Jenderal Indonesia. Aku tak menyia-menyiakan kesempatan ini. Aku ikut berbaris sebagai peserta upacara. Ada rasa keharuan kala itu. Nun jauh di belahan selatan bumi ini, betapa aku merasakan rasa nasionalisme. Sambil mengintrospeksi diri, bahwa dalam status PNS, jujur saja jika bukan karena ingin memberikan contoh kepada bawahan di kantor, berat rasanya hati ini mengikuti upacara bendera ini di Kantor.

Sambil mengikuti upacara itu, aku mengirim SMS kepada kedua Asisten di Kantor, bahwa Ibunya sedang mengikuti upacara di sebuah tempat Nun jauh disana secara khidmat. Kedua asisten itu membalas ; Ibu .. Direksi me mending dua buah draft kontrak menunggu hingga ibu pulang ke Indonesia. Hemmm.. memending dratf kontrak ?. Rasanya tidak ada pekerjaan yang perlu dikansel ketika, aku akan berangkat . Semua pekerjaan kala itu, sudah dibagi habis kepada kedua asisten dikantor. Belakang terjawab bahwa Direksi di perusahaan, tidak mau menandatangani kontrak bila tidak ada paraf. Lupakanlah.. pikirku, sementara ini yang penting nikmati perjalanan ini dan berdiri tegak sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya dulu.

Di Pesta kampong, makanan dan jajanan Indonesia, yang ditampilkan adalah : sate padang, soto, bakso, pempek, sate ayam, serta penganan lainnya. Masyarakat Indonesia berdatangan dari seantero wilayah kota yang luasnya se JABODETABEK itu untuk menikmati jajanan tanah air.

Kami menngabadikan event penting pada waktu itu. Diantaranya berpose sejenak dilingkungan Sydney University. Cuaca sangat cerah, matahari bersinar terang, serta langit biru – yang menggambarkan betapa kebersihan kota Sidney yang bebas polusi.

Apa yang terfikir olehku kala itu. Mengapa udara disini begitu nyaman…?. Aku memandang ke atas langit, dengan penuh rasa takjub. Aku tidak melebih-lebihkan apa yang kusaksikan kala itu Yang terlihat adalah langit yang benar-benar biru bersih. Diujung langit sana tedapat sekelompok awan seputih kapas.

Sebenarnya dinginnya udara kota Sydney tidak tertahankan bagi kita yang terbiasa di daerah tropis. Namun rasa itu sirna – dikala aku tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kapan lagi kita – orang melayu kampung seperti diriku ini – menikmati suasana ini. Semisal orang Bukittinggi yang membanggakan “ Lemersing yang indah “, namun keindahakn “ Lemersing “ itu sirna begitu datang awan menyelimuti kedua Gunung Merapi dan Singgalang di Ranah Minang sana. Jika kita membandingkan dengan “ Lemersing “ itu tentu orang menganggap aku sebagai  “orang nyombong”.

Setelah mengikuti upacara bendera, kami meninggalkan lokasi pesta kampong ini untuk berkunjung ke Paddish Market – dekat China Town. Disini tempat penjualan barang-barang souvenir Australia namun made in China. Mau tidak mau kita kagum dengan Negara China ini, karena bangsa ini selalu berusaha untuk masuk ke Negara-negara lain melayani kebutuhan tiap Negara. Kami pulang kerumah setelah sadar bahwa waktu asyar telah tiba.

Satu Tanggapan to “Event HUT RI in Sydney – pesta kampoeng”

  1. tulisan anda bagus bu..saya suka…ada rencana jadi penuls?atau mungkin sudah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: