Hari Ketiga : Palembang – Jambi – Padang – 10 oktober 2007

Setelah melewati kota Palembang, kami berbuka dan sholat magrib serta menjamak sholat Isya, untuk kemudian kami meneruskan perjalanan menuju arah Jambi. Pada jam 22.00 Wib, umumnya para pemudik beritirahat di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Disebuah SPBU di Sungai Lilin – Palembang, telah banyak pemudik yang memarkirkan kendaraannya untuk beristirahat. Para pembawa kendaraan mulai terasa lelah. Rombongan kamipun beristirahat hingga sahur tiba.

Sebuah SPBU, merupakan pilihan tepat bagi para pemudik untuk beristirahat. SPBU menyediakan seluruh fasilitas diperlukan bagi para pengendara mobil jarak jauh, seperti mushola, WC dan Kamar Mandi dengan air yang berlimpah ruah. Bagi para penggunannya harus “tau diri” untuk menyerahkan uang Rp 1000,- sebagai dana kebersihan. Mereka juga menjual minuman dan makanan ringan, serta teras mushola yang digunakan untuk pemudik yang akan merebahkan diri.

Sarana jalan dari kota Palembang ke wilayah Jambi , sangat bagus dan baru diperbaiki oleh Pemda setempat. Dipersimpangan Tempino – Jambi, pemudik Sumbar akan berbelok menuju Muara Bulian, Muara Tembesi, Muaro Tebo dan Muaro Bungo. Beberapa jalan masih ada yang rusak karena pengaruh tanah longsor. Secara jujur kita harus mengacungkan jempol kepada PEMDA JAMBI yang terus membangun wilayahnya dengan sangat baik seperti yang tampak pada pembangunan gedung pemerintahan dan sarana jalan yang sangat mulus.

Tanggapanku terhadap perjalanan didaerah Jambi ini adalah, bahwa hampir 17 tahun yang lalu, ketika kami melewati wilayah ini, masih dipenuhi hutam rimba yang maha lebat. Sekarang telah berubah menjadi lahan kelapan sawit yang hampir menyamai Malaysia.

Kami melakukan sholat jamak takdim Qasar Lohor dan Ashar di daerah Mauro Sijunjung – Sumbar, sebelum memasuki kota Solok pada pukul 16.45. Kami memasuki kota Padang pada saat magrib tiba kami. Bagi rombongan kami, hari ini adalah “ puasa bungsu’, karena kami merencakan akan berlebaran pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: